Silahkan hubungi salah satu Marketing kami via Chat/Telepon Whatsapp

Inilah 8 Penyebab Keretakan Pada Beton

penyebab keretakan pada beton

Inilah 8 Penyebab Keretakan Pada Beton

MIXREADYMIX.COM – Keretakan pada beton masih menjadi permasalahan paling umum yang sering terjadi pada saat pengerjaan konstruksi bangunan. Padahal masalah tersebut (keretakan pada beton) merupakan permasalahan serius yang harus di hindari. Di sini kami akan membahas 8 Penyebab keretakan pada beton.

Mengetahui penyebab terjadinya keretakan pada beton merupakan salah satu cara untuk menangani masalah ini.

PENYEBAB KERETAKAN PADA BETON

Ada 8 penyebab terjadinya keretakan pada beton yang umum terjadi pada proyek konstruksi;

1. SHRINGKAGE

Penyusutan merupakan kendala utama pada proses pengecoran. Hal ini di sebabkan perubahan kondisi adukan beton yang berubah menjadi lebih kering. Terpengaruh oleh waktu yang mempengaruhi volume beton tanpa terpengaruh oleh faktor eksternal beton. Baca Juga :  Kenali 4 jenis shringkage (penyusutan beton) dan 5 Faktor yang Menyebabkanya.

2. PERUBAHAN TEMPERATURE

Perubahan  temperatur  yang tinggi dalam proses pengecoran. Yang di akibatkan dari cuaca dan perubahan volume pada saat proses pengecoran  akan menimbulkan tegangan tarik dalam beton. Apabila tegangan tarik tersebut melebihi tegangan tarik yang diijinkan. Maka akan terjadi retak pada beton. Suhu beton yang tinggi pada awal umur beton ini dapat mempengaruhi kwalitas dari beton yang telah dicor.

3. REAKSI KIMIA

Sifat alkali pada beton dapat bereaksi terhadap karbon dioksida (Co2) yang ada di atmosfer. Sehingga menghasilkan peningkatan volume bahan yang cukup besar yang akhirnya menyebabkan retak.

4. PRAKTEK PENGERJAAN YANG BURUK

Praktek konstruksi yang buruk seperti penambahan air yang berlebihan ke dalam campuran. Pemadatan yang buruk, penggunaan bahan kelas rendah, penempatan bahan material konstruksi konstruksi yang tidak masuk akal. Ini yang sering menjadi sumber masalah pada keretakan pada beton.

5. KESALAHAN DALAM RANCANGAN DAN DETAIL

Kesalahan dalam perancangan dan detail yang tidak memadai pada proses pembangunan dapat menjadi sumber masalah keretakan pada beton. Biasanya terjadi pada proses perancangan struktur konstruksi beton dan detail pengerjaan seperti pemasangan bekisting dan tulangan.

6. KELEBIHAN BEBAN KONSTRUKSI & TERLALU DINI MELEPASKAN BEKISTING

Beban yang diinduksi dalam struktur selama konstruksi dan pelepasan bekisting. Pada umur beton yang masih muda dapat menjadi salah satu penyebab keretakan pada beton.

7. DEFORMASI MATERIAL KONSTRUKSI

Berbagai komponen bangunan seperti dinding, kolom, balok. slab dll mengalami deformasi elastis saat pengerjaan proses konstruksi. Deformasi beton tergantung pada jenis bahan bangunan yang digunakan dalam konstruksi seperti batu bata, balok beton semen, dll. Deformasi yang tidak biasa ini menghasilkan beton keretakan pada beton.

8. KOROSI BAJA TULANGAN

Korosi pada baja tulangan selain menyebabkan berkurangnya diameter tulangan. Juga menimbulkan volume senyawa hasil reaksi korosi yang lebih besar dari pada volume baja yang bereaksi. Hal ini menyebabkan tekanan pada beton di sekeliling baja tulangan.

Berikut di atas adalah faktor-faktor penyebab keretakan pada beton. Bisa menjadi acuan untuk memperhitungkan pengerjaaan pada proses pengecoran untuk mendapatkan umur konstruksi yang lebih lama dan maksimal.

semoga bermanfaat bagi rekan2 mitra konstruksi mixreadymix.com.

Baca juga : Memperbaiki Beton yang Retak


Leave a Reply