Silahkan hubungi salah satu Marketing kami via Chat/Telepon Whatsapp

Mengenal Beton dan Jenis-Jenisnya

  • -
jenis-jenis beton

Mengenal Beton dan Jenis-Jenisnya

Beton adalah salah satu bahan bangunan yang  terdiri dari campuran antara semen, air, agregat kasar dan agregat halus. Dengan perbandingan tertentu yang menentukan kuat tekan nya. Kami di sini akan membahas mengenal beton dan jenis-jenisnya.

Kelebihan Beton Sebagai Material Konstruksi

    • Beton dalam keadaan basah (beton segar) dapat di bentuk sesuai kebutuhan konstruksi.
    • Struktur Beton mampu menahan beban yang berat.
    • Tahan terhadap suhu tinggi.
    • Tahan terhadap Korosi.

 

Kekurangan Beton Sebagai Material Konstruksi

    • Beton dalam keadaan sudah setting (mengeras) tidak dapat di bentuk lagi.
    • Beban pada beton di nilai cukup berat.
    • Tidak dapat menahan gaya tarik sehingga mudah retak.
    • membutuhkan material lainya sebagai cetakan.

 

Faktor Yang Mempengaruhi Kuat Tekan Beton

    • Faktor Air semen (faktor air semen merupakan perbandingan antara jumlah air terhadap semen dalam suatu campuran beton).
    • Sifat Agregat (sifat agregat yang mempengaruhi antara lain daya serap air, kadar air, berat jenis dan tingkat kekasaran).
    • Proporsi semen dan jenis semen. Proporsi semen adalah perbandingan jumlah semen dan jenis semen yang di gunakan untuk menghasilkan kekuatan yang di inginkan.
    • Bahan tambahan (bahan tambahan biasanya digunakan pada saat pengadukan adonan beton. umumnya digunakan untuk mempercepat pengerasan beton).

 

Jenis Jenis Beton yang Biasa Digunakan

BETON NORMAL

Beton ini biasa digunakan dalam konstruksi, komposisinya adalah agregat, air, semen. Beratnya antara 2200-2500 kg/m3.

BETON RINGAN

Beton jenis ini lebih ringan daripada beton normal. Proses aerasi yang homogen dan terkendali secara komputerisasi menghasilkan beton ringan dengan kuat tekan yang paling tinggi. Akan tetapi paling ringan.

BETON SIKLOP

Beton Siklop menggunakan agregat yang yang relatif lebih besar. Ukuran agregat tidak boleh melebihi 25cm. Agregat besar ini tidak lebih dari 20% agregat seluruhnya. Agregat harus bersudut runcing, serta bebas dari kotoran dan minyak. Pada jenis ini banyak digunakan pada konstruksi bendungan dan jembatan sebagai pengisi fondasi sumuran.

BETON NON PASIR / NO FINES CONCRETE

Beton jenis ini di buat tanpa pasir. Komposisinya hanya air, semen dan kerikil saja. Tidak adanya pasir menyebabkan rongga rongga kerikil tidak terisi sehingga beton menjadi berongga. Berat jenisnya lebih rendah  daripada beton normal. Pada jenis ini digunakan pada konstruksi kolom dan dinding bangunan, konstruksi dinding penahan tanah, dan perkerasan jalan raya.

BETON HAMPA / VACUUM CONCRETE

Beton Hampa adalah beton yang air sisa reaksinya di sedot dengan cara di vacum. Air yang tertinggal hanya air yang di pakai untuk reaksi dengan semen sehingga beton yang di peroleh sangat kuat.

BETON PRACETAK / PREFAB CONCRETE

Beton Pracetak adalah beton dengan atau tanpa tulangan yang di cetak terlebih dahulu. Kemudian di rakit dan di pasang pada bangunan.

BETON PRATEKAN / PRESTRESSED CONCRETE

Beton pratekan adalah beton yang mengalami tegangan internal dengan besar dan distribusi sedemikian rupa. Sehingga dapat mengimbangi sampai batas tertentu tegangan yang terjadi akibat beban eksternal. Beton Pratekan menggunakan kawat atau kabel baja yang di tarik. Biasa digunakan pada konstruksi Busur / melengkung.

BETON BERTULANG / REINFORCED CONCRETE

Beton bertulang adalah beton yang di beri baja tulangan sesuai dengan ketentuan. Jenis ini digunakan hampir pada semua konstruksi yang menggunakan beton seperti; kolom dan dak pada rumah, konstruksi jalan, konstruksi trowongan, konstruksi jembatan dan sebagainya.

BETON MASSA / MASS CONCRETE

Beton massa adalah beton yang di produksi dalam jumlah besar untuk keperluan konstruksi besar pula seperti jalan dan bendungan. Beberapa faktor yang mempengaruhi beton massa antara lain kondisi cuaca, rasio volume permukaan, tingkat hidrasi dan temperatur material.

BETON SERAT / FIBER REINFORCED CONCRETE

Beton serat adalah beton yang mengandung serat untuk menambah kekuatan struktur. Serat yang digunakan antara lain serat baja, serat sintetis dan serat alami. Beton serat ini umumnya digunakan dalam konstruksi terowongan dan landasan pesawat.

Demikianlah pembahasan beton dan jenis-jenisnya, jika anda ingin memesan beton ready mix silahkan klik Harga Beton Ready Mix Jayamix Terbaru